Minggu, 01 Juli 2018

Masih Sering Gugup Ketika Mau Berbicara di Depan Umum? Lakukan 4 Hal ini


Gugup? Nerveous? Tangan dan kaki gemeteran? Banyak keringat yang keluar? Secara teori gugup adalah hal yang wajar dialami semua manusia ketika ingin berbicara didepan publik ataupun sedang melakukan sesuatu hal yang baru yang sebelumnya belum pernah kalian lakukan. Banyak dari kalian pasti bertanya- tanya "Gimana sih caranya menghilangkan rasa nerveous?" Well, rasa nervous atau gugup tidak akan bisa dihilangkan, kita cuma bisa mengatasi ataupun mengurangi rasa grogi tersebut. Ada dua penyebab kenapa kita merasa nerveous ketika mau berbicara didepan umum. Yang pertama yaitu kalian belum siap dan yang kedua kalian ingin tampil maksimal dan takut salah.

     Sebelum berbicara lebih lanjut, aku ingin sedikit share pengalamanku mengenai rasa grogi ketika aku berbicara didepan umum. Jujur saja aku mulai berani ngomong didepan publik baru ketika menginjak kelas 11 SMA( Bisa dikatakan sangat terlambat sihh), sebelum itu aku adalah pribadi yang sangat pemalu, hanya disuruh membaca puisi didepan kelas aja rasanya ingin pingsan. Dari situ aku mulai sadar kalau rasa grogi berlebihan sangat tidak nyaman dan sangat merugikan, setelah itu aku mulai belajar caranya mengatasi rasa grogi tersebut, mulai dari cara yang normal sampai cara yang sangat absurd aku lakukan demi mengurangi rasa grogi yang berlebihan. And Finally sekarang aku bisa mengatasi rasa grogi tersebut, bahkan aku suka banget apapun yang berhubungan dengan public speaking, mulai dari MC, stand Up comedy, pidato dan lain sebagainya. Pada intinya seberapa besar rasa grogi yang kalian alami pasti ada cara untuk mengatasinya, kalian jangan khawatir.

     Okey, Back to Content, kali ini aku mau share beberapa cara yang biasa aku gunakan ketika mau berbicara didepan umum agar rasa nervous tidak mengendalikan kalian melainkan kalianlah yang mengendalikan rasa nervous tersebut, Simak beberapa caranya!

1. Persiapan
(www.lifelinescreening.com)

    Hal paling dasar yang perlu kalian lakukan ketika ingin berbicara didepan umum- misalnya presentasi- kalian harus mempersiapkan apa aja yang mau disampaikan. Meskipun kalian sudah di tahap Expert, kalian harus tetap membuat persiapan, biasanya orang- orang yang mau tampil didepan umum akan mempersiapkan beberapa hal seperti membuat list poin bahasan yang akan disampaikan, sehingga materi yang akan disampaikan lebih sistematis dan mudah dipahami audiens. Disamping itu persiapan akan membuat kalian lebih tenang dan rasa grogi pun berkurang.

2. Tetap tersenyum
(http://www.tahupedia.com)

     Ada seorang guru public speaking mengatakan bahwa nyawa pembicara ada ditangan audien, aku sangat setuju dengan pernyataan tersebut, Kenapa? Karena ketika ada beberapa audiens yang mulai bosan dan berbicara sendiri maka kepercayaan diri kita akan terkikis, maka dari itu kita harus ramah dengan audiens dan selalu membuat audiens tertarik dengan kita. Sebenarnya untuk menarik audiens bukan melulu soal kualitas materi yang kita sampaikan, tetapi yang terpenting adalah cara penyampaian materi ke audiens dan cara paling mudah untuk menarik audiens adalah dengan selalu tersenyum ke arah audiens.


3. Tenang dan Berpikir Positif
(http://bhq.web.id/)

   "Everything will be alright", semua bisa berjalan dengan lancar ketika pikiran kita mengatakan semuanya lancar. Berpikir positif akan membuat kita lebih tenang ketika mau tampil didepan umum. Berpikirlah bahwa kalian itu luar biasa, kalian ditonton ribuan orang dan semua orang yang menonton kalian itu penggemarmu. Buanglah jauh- jauh pikiran negatif yang mengatakan "Gimana kalau nanti aku gagal" "Gimana nanti kalau semua audiens tidak suka dengan saya" "Aku Takut". Kalimat- kalimat tersebut cuma akan membuat down dan grogi berlebihan.

4. Warming
(www.istockphoto.com)

    Bukan hanya olahraga fisik aja yang harus pemanasan, sebelum berbicara didepan umum juga diharuskan untuk pemanasan. Pemanasan olahraga dengan pemanasan public speaking jelas beda, dan cara Warming setiap orang ketika mau tampil didepan umum jelas berbeda pula. Mungkin kalian mempunyai cara tersendiri untuk pemanasan agar bisa lebih tenang dan rileks. Tetapi untuk aku sendiri cara pemanasan yang paling tepat sebelum tampil di depan umum adalah dengan mendengarkan lagu semangat favorit menggunakan headphone atau earphone.

Artikel Terkait